Manajemen Kurikulum

A.        STRUKTUR KURIKULUM

Struktur Kurikulum SD UMP Tahun Pelajaran 2011/2012

KOMPONEN

KELAS DAN ALOKASI WAKTU

KET

I

II

III

IV- VI

A. MATA PELAJARAN

1. PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

TEMATIK

3

2.PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

2

3. BAHASA INDONESIA

6

4. MATEMATIKA

6

5. ILMU PENGETAHUAN ALAM

4

6. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

3

7.SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN

4

8.  PENJAS ORKES (PJOK)

4

B.     MUATAN LOKAL

  1. KEMUHAMMADIYAHAN
  2. BAHASA INGGRIS
  3. BAHASA ARAB
  4. BAHASA JAWA
    1. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)
    2. PEND. LINGKUNGAN HIDUP

1

2

1

2

1

1

2

2

2

2

2

1

C.     PENGEMBANGAN DIRI
1. UPACARA

2. EKSTRAKURIKULER

3. BIMBINGAN DAN PENGAYAAN

1

2

1

1

2

1

D.   PEMBIASAAN DIRI

 

 

 

 

JUMLAH

38

38

44

47

Keterangan :

a)      1 jam pelajaran alokasi waktu 35 menit

b)      Kelas 1, 2, dan 3 pendekatan tematik, alokasi waktu pertama pelajaran 35 menit

c)        Kelas 1 dan 2, alokasi waktu dalam 1 minggu untuk mata pelajaran :

-Pendidikan Agama Islam, 5 jam pelajaran

-Pendidikan Kewarganegaraan, 1 jam pelajaran

-IPA, IPS, SBK dan PJOK, masing-masing 2 jam pelajaran

d)     Kelas 4, 5, dan 6 pendekatan mata pelajaran (Parsial)

E.        MUATAN KURIKULUM

1. Mata Pelajaran

a. Pendidikan Agama

1). Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk :

a)        Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT.

b)        Mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.

2). Ruang Lingkup

Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut:

a)     Al-Qur’an dan Hadits

b)     Aqidah

c)     Akhlak

d)    Fiqih

e)        Tarikh dan Kebudayaan Islam

b. Pendidikan Kewarganegaraan

1). Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :

a)        Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan

b)        Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi

c)        Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya

d)       Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

2). Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan meliputi aspek aspek sebagai berikut.

a)         Persatuan dan Kesatuan bangsa, meliputi: Hidup rukun dalam perbedaan, Cinta lingkungan, Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, Sumpah Pemuda, Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Partisipasi dalam pembelaan negara, Sikap positif terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, Keterbukaan dan jaminan keadilan

b)        Norma, hukum dan peraturan, meliputi: Tertib dalam kehidupan keluarga, Tata tertib di sekolah, Norma yang berlaku di masyarakat, Peraturan-peraturan daerah, Norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Sistim hukum dan peradilan nasional, Hukum dan peradilan internasional

c)         Hak asasi manusia meliputi: Hak dan kewajiban anak, Hak dan kewajiban anggota masyarakat, Instrumen nasional dan internasional HAM, Pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM

d)        Kebutuhan warga negara meliputi: Hidup gotong royong, Harga diri sebagai warga masyarakat, Kebebasan berorganisasi, Kemerdekaan mengeluarkan pendapat, Menghargai keputusan bersama, Prestasi diri, Persamaan kedudukan warga negara

e)         Konstitusi Negara meliputi: Proklamasi kemerdekaan dan konstitusi yang pertama,         Konstitusi-konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia, Hubungan dasar negara dengan konstitusi.

f)         Kekuasan dan Politik, meliputi: Pemerintahan desa dan kecamatan, Pemerintahan daerah dan otonomi, Pemerintah pusat, Demokrasi dan sistem politik, Budaya politik, Budaya demokrasi menuju masyarakat madani, Sistem pemerintahan, Pers dalam masyarakat demokrasi.

g)        Pancasila meliputi: kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara, Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara, Pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila sebagai ideologi terbuka

h)        Globalisasi meliputi: Globalisasi di lingkungannya, Politik luar negeri Indonesia di era globalisasi, Dampak globalisasi, Hubungan internasional dan organisasi internasional,    dan Mengevaluasi globalisasi.

c. Bahasa Indonesia

1) Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :

a)             Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis

b)            Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara

c)             Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan

d)            Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial

e)             Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa

f)             Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

2). Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

a)      Mendengarkan

b)      Berbicara

c)      Membaca

d)     Menulis.

d. Matematika

1) Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :

a)           Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah.

b)          Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.

c)           Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang
model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh

d)          Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah

e)           Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.

2). Ruang Lingkup

Mata pelajaran Matematika pada satuan pendidikan SD/MI meliputi aspek aspek sebagai berikut.

a)        Bilangan

b)        Geometri dan pengukuran

c)        Pengolahan data.

e. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Mata pelajaran IPA bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :

a)      Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya

b)      Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

c)      Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positip dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat

d)     Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan

e)      Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam

f)       Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan

g)      Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs.

 

2). Ruang Lingkup

Ruang Lingkup bahan kajian IPA untuk SD/MI meliputi aspek-aspek berikut.

a)    Makhluk hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan dan interaksinya dengan lingkungan, serta kesehatan

b)   Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya meliputi: cair, padat dan gas

c)    Energi dan perubahannya meliputi: gaya, bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya dan pesawat sederhana

d)   Bumi dan alam semesta meliputi: tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit lainnya.

 

f. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

1) Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :

a)    Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya

b)   Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu,
inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial

c)    Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan

d)   Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.

2). Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran IPS meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

a)    Manusia, Tempat, dan Lingkungan

b)        Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan

c)        Sistem Sosial dan Budaya

d)       Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan.

 

g. Seni Budaya dan Ketrampilan (SBK)

1) Mata pelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :

a)         Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan ketrampilan.

b)        Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan ketrampilan.

c)        Menampilkan kreativitas melalui seni budaya dan ketrampilan.

d)       Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan ketrampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.

2). Ruang Lingkup

Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

a)        Seni rupa, mencakup pengetahuan, keterampilan, dan nilai dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya

b)        Seni musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal, memainkan alat musik, apresiasi karya musik

c)        Seni tari, mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari

d)       Seni drama, mencakup keterampilan pementasan dengan memadukan seni musik, seni tari dan peran

e)        Keterampilan, mencakup segala aspek kecakapan hidup (life skills) yang meliputi keterampilan personal, keterampilan sosial, keterampilan vokasional dan keterampilan akademik

 

h. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)

1) Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :

a)        Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani srta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih.

b)        Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.

c)        Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar.

d)       Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai­nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.

e)        Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri, dan demokrasi.

f)         Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan.

g)        Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.

2). Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Pendiidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

a)        Permainan dan olahraga meliputi: olahraga tradisional, permainan. eksplorasi gerak, keterampilan lokomotor non-lokomotor,dan manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan beladiri, serta aktivitas lainnya

b)        Aktivitas pengembangan meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya

c)        Aktivitas senam meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya

d)       Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta aktivitas lainnya

e)        Aktivitas air meliputi: permainan di air, keselamatan air, keterampilan bergerak di air, dan renang serta aktivitas lainnya

f)         Pendidikan luar kelas, meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan, berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung

g)        Kesehatan, meliputi penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari- hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah dan merawat cidera, mengatur waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek tersendiri, dan secara implisit masuk ke dalam semua aspek.

 

2.    Muatan Lokal

Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada.

Substansi muatan lokal ditentukan oleh sekolah. Sekolah dapat menyelenggarakan satu mata pelajaran muatan lokal setiap semester atau dua mata pelajaran muatan lokal dalam satu tahun.

 

a. Kemuhammadiyahan

Mata pelajaran Kemuhammadiyahan bertujuan mengenalkan persyarikatan muhammadiyah sebagai gerakan dakwah, pendidikan dan sosial kemasyarakatan.

Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Kemuhammadiyahan untuk jenjang SD/MI adalah sebagai berikut:

1)        Mengenal latar belakang dan sejarah berdirinya Muhammadiyah serta peranannya dalam mengisi kemerdekaan;

2)        Mengenal ciri-ciri gerakan Muhammadiyah, organisasi dan macam-macam amal usahanya;

3)        Memahami, menghafal dan mempraktikkan janji pelajar Muhammadiyah.

 

b. Bahasa Inggris

1)    Mata pelajaran Bahasa Inggris bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :

a)        Mengenalkan bahasa inggris sebagai bahasa komunikasi internasional

b)        Membekali siswa untuk menghadapi tuntutan dalam rangka menyongsong era globalisasi sebagai daerah industri dan wisata.

 

2) Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di SD/MI mencakup kemampuan berkomunikasi lisan secara terbatas dalam konteks sekolah, yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

a)  Listening

b)  Speaking

c)  Reading

d)   Writing

Keterampilan menulis dan membaca diarahkan untuk menunjang pembelajaran komunikasi lisan. Muatan lokal Bahasa Inggris wajib bagi semua siswa kelas I hingga kelas VI. Alokasi waktu yang diperlukan adalah 2 jam pelajaran.

 

c. Bahasa Arab

1)    Mata pelajaran Bahasa Arab bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :

a)        Mengenalkan Bahasa Arab sebagai bahasa Al Qur’an dan bahasa komunikasi internasional

b)        Mengembangkan kemampuan dan keterampilan berkomunikasi siswa dengan menggunakan bahasa Arab

 

2) Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Bahasa Arab untuk jenjang SD/MI adalah sebagai berikut:

a)      Menyimak, memahami wacana lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun sekolah;

b)      Berbicara, mengungkapkan makna secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan  hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun sekolah;

c)      Membaca, membacakan dan memahami makna wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun sekolah;

d)     Menulis, menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek, dan sederhana;

 

d.    Bahasa Jawa

1)    Mata pelajaran Bahasa Jawa bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :

a)        Mengembangkan kemampuan dan keterampilan berkomunikasi siswa dengan menggunakan bahasa Jawa

b)        Meningkatkan kepekaan dan penghayatan terhadap karya sastra Jawa.

c)        Memupuk tanggungjawab untuk melestarikan hasil kreasi budaya Jawa sebagai salah satu unsur kebudayaan nasional

 

e. Teknologi Informasi dan Komunikasi

          Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2006, Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi SD/MI adalah sebagai berikut:

1)             Mengenal dan menggunakan berbagai informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif

2)             Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif dengan bimbingan guru/pendidik

3)             Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi

4)             Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari

5)             Menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial di lingkungan sekitar

6)             Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung

7)             Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang

f.  Pendidikan Lingkungan Hidup

Tujuan Pendidikan Lingkungan Hidup adalah untuk mengembangkan peserta didik mempunyai keterampilan yang diperlukan serta memfasilitasi peserta didik agar mampu mengenal dan mencintai lingkungannya sendiri dan kotanya dengan alokasi waktu 2 jam pelajaran

3. Pengembangan Diri

a. Ekstrakurikuler sesuai dengan minat dan bakat siswa, yang terdiri atas:

1)      Pramuka

2)      Olahraga

a)      Sepakbola

b)      Futsal

c)      Renang

d)     Volly mini

e)      Tapak Suci (TSPM)

3)      Seni

a)      Seni Lukis (Cat minyak dan Oil pastel)

b)      Seni Musik (Keyboard, Gitar, Biola, gamelan)

c)      Seni Tari

d)     Drum Band

e)      Vokal & Tembang Jawa

f)       Membatik

g)      Qira’ah

h)      Desaign Grafis/Animasi

i)        Presenter

b.    Ilmiah

1)      English Conversation Club (ECC)

2)      Bahasa Arab

3)      Club Sains

4)      Komputer

5)      Robotik

 

4. Kegiatan Pembiasan

a. Pembiasan Rutin

      Merupakan proses pembentukan akhlaq dan penanaman/ pengamalan ajaran Islam.

Adapun kegiatan pembiasaan meliputi:

1)      Salam dan jabat tangan

2)      Program Iqra’ bagi siswa kelas I

3)      Adab sehari-hari (makan, masuk masjid, dan lain-lain)

4)      Sholat Berjamaah.

5)      Pengajian

6)      Upacara Bendera

7)      Tadarus Al-Quran dan Hafalan surat-surat pendek

8)      Hafalan baca’an Shalat

9)      Pembinaan Tilawah Qur’an

       b. Pembiasaan Terprogram

      Merupakan proses pembentukan akhlaq dan penanaman/ pengamalan ajaran Islam.

Adapun kegiatan pembiasaan meliputi:

1)      Pesantren Ramadhan

2)      Pelaksanaan ’Idul Qurban

3)      Pelaksanaan Hari Besar Islam

c. Kegiatan Keteladanan

1)      Pembinaan Ketertiban Pakaian Seragam Anak Sekolah (PSAS)

2)      Pembinaan Kedisiplinan

3)      Penanaman Nilai Akhlak Mulia

4)      Penanaman Budaya Minat Baca

5)      Pembinaan Budaya lokal (Berpakaian Jawa)

6)      Penanaman Budaya Keteladanan

a)      Penanaman Budaya Bersih Diri

b)      Penanaman Budaya Bersih Lingkungan Kelas dan Sekolah

c)      Penanaman Budaya Lingkungan Hijau

d)     Peringatan Hari Bumi dan Lingkungan Hidup

d. Kegiatan Nasionalisme dan Patriotisme

1)      Peringatan Hari Kemerdekaan RI

2)      Peringatan Hari Pahlawan

3)      Peringatan Hari Pendidikan Nasional

a) Seminar Pendidikan

b) Bedah Buku

e.  Pembinaan Kepedulian Lingkungan

1)      Gerakan jumat bersih

2)      Kegiatan pertanian / berkebun

3)      Gerakan cuci tangan

4)      Peringatan hari lingkungan

f. Pekan Kreativitas

1)      Lomba Kreativitas dan Karya Cipta

2)      Lomba bakat dan minat

3)      Olimpiade Sekolah

4)      Ekstrakurikuler on the road

 

g.  Pembinaan dan Bimbingan bagi Calon Siswa Berprestasi

            1) Pembinaan Olimpiade MIPA

2) Pembinaan prestasi bidang Agama

3) Pembinaan prestasi bidang Olahraga

4) Pembinaan prestasi bidang kesenian

5) Pembinaan prestasi bidang bahasa

6) Pembinaan siswa berprestasi

 

h.  Outdoor Learning & Training

1)      Kunjungan Belajar/Field trip

2)      Outbound

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: